5 Aspek untuk Memaksimalkan Keterlibatan Audiens dengan Brand Anda

keterlibatan audiens dengan brand
19 Agustus 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Semakin banyak keterlibatan audiens dengan brand Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk akhirnya membeli produk atau jasa Anda.

Keterlibatan audiens atau audience engagement, jika mau menganalisisnya, akan mengarah pada sejumlah metrik, termasuk bounce rate, halaman per kunjungan, durasi sesi, perhatian menit, kedalaman scroll, klik media, sosial share, komentar dan konversi.

Untuk website yang mempunyai banyak konten, dimana melekat dengan audiens adalah sesuatu yang mendorong penjualan, mengoptimalkan untuk metrik yang berorientasi keterlibatan seringkali merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan pendapatan.

Mengapa? Karena sampai Anda memiliki loyalitas, penonton yang terlibat dengan Anda, mereka akan terus mencari konten Anda. Belum lagi, penonton yang benar-benar mempercayai Anda, Anda akan memiliki kesempatan monetisasi.

Sayangnya, internet adalah tempat yang sangat ramai. Berkembang pesatnya segala konten – bukan hanya blogging tapi sosial media, mobile, audio, video, dan aplikasi (contohnya Pokemon Go), telah membuat keterlibatan audience lebih sulit dari sebelumnya.

Hari ini, blogger-blogger besar dan produsen konten memfokuskan tujuan keterlibatan mereka pada perhatian, menyesuaikan tool metrik untuk mengukur perhatian, dan menciptakan strategi yang bertujuan untuk menarik perhatian.

Jadi, semua itu bermuara pada apa? Satu kata yaitu mudah.

Konten Anda harus:

(1) Mudah untuk di-scan

(2) Mudah berinteraksi

(3) Mudah dimuat

(4) Mudah dishare, dan bahkan

(5) Mudah menghasilkan uang.

Itulah 5 kriteria untuk memaksimalkan keterlibatan audiens dengan brand Anda. Mari kita bahas satu per satu.

Mudah untuk Scan

Banyak brand masih membuat halaman website tanpa mengambil aspek penting dari tata letak mereka website, seperti ukuran font dan tipografi teks, atau penggunaan daftar bullet dan subheadlines untuk memecah konten menjadi potongan-potongan yang mudah dicerna.

Untuk memaksimalkan keterlibatan audiens dengan brand Anda, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Ketika pengunjung Anda membuka halaman website Anda dan melihat posting blog panjang, teks kecil yang tidak memiliki ruang untuk bernapas saat membacanya, Ini dapat segera mendorong mereka untuk meninggalkan website dan menemukan blog lain yang lebih mudah untuk dibaca.

Scan data mata menunjukkan bahwa di website, orang tidak persis membaca semua teks yang sangat banyak.

Sebaliknya, kita membacanya dengan cepat atau bisa disebut dengan “scan,” mata kita berjalan dari atas ke bawah di sepanjang sisi kiri dari blok teks, dalam sebuah pola yang menyerupai huruf F.

Ketika sesuatu yang menarik mata kita sebagai potensi yang menarik, kita akan membaca beberapa kata tersbut, tapi kemudian melanjutkannya kemabali.

Semakin mengundang desain dan tipografi Anda gaya yang, orang-orang lebih mungkin akan benar-benar membaca bagian lengkap halaman Anda.

keterlibatan audience dengan brand

Tool seperti FontPair akan membantu Anda menemukan pasangan Google Font yang sempurna untuk pujian Anda pesan website dan merek, yang dapat membantu meningkatkan kunjungan ke website Anda dan keterlibatan audiens.

Untuk membuat stylesheet Anda dengan pilihan berdasarkan kombinasi direkomendasikan FontPair ini, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi font yang paling cocok untuk brand Anda.

Anda bisa download secara gratis dan mulai publish halaman yang dioptimalkan untuk keterlibatan.

keterlibatan audience dengan brand

Di samping dari tata letak yang dapat scan dan font, jangan mengabaikan peran penting dimana visual bermain di kemampuan halaman Anda untuk perintah perhatian.

Konten dengan gambar yang relevan mendapat 94% lebih views dari konten tanpa gambar yang tidak relevan, dan infografis yang disukai dan dibagikan di media sosial mendapat tiga kali lebih view dari jenis konten yang lain.

Seperti Neil Patel menunjukkan dalam bukunya Guide to Creating a Killer blog:

Pastikan untuk menyertakan banyak konten visual ke dalam artikel Anda.

Otak memproses gambar  jauh lebih cepat daripada teks. Membuat gambar yang menarik perhatian di bagian atas artikel Anda adalah sebuah cara yang bagus untuk melibatkan pengguna dan mendorong mereka untuk membaca artikel.

Menambahkan gambar pada artikel juga membantu orang terus membaca, dan mendorong untuk berbag konten tersebut ke yang lain.

Secara umum, lebih banyak gambar, semakin baik. Atau setidaknya untuk beberapa titik,  Anda tidak ingin membanjiri orang dengan kebisingan visual.

Mudah Berinteraksi

Keterlibatan, perhatian, dan interaksi semua berjalan beriringan. Untuk selanjutnya kriteria untuk memaksimalkan keterlibatan audiens dengan brand Anda adalah konten Anda mudah berinteraksi.

Bahkan, konten interaktif merupakan salah satu solusi yang paling menarik untuk menjaga pengguna terlibat dan tertarik pada website Anda.

Dengan konten interaktif, pengunjung website merasakan rasa tinggi lampiran ke halaman Anda, karena mereka telah dasarnya memainkan peran dalam bagaimana konten Anda terbentuk.

Dengan menghabiskan waktu berinteraksi dengan website Anda, mereka semua lebih mungkin untuk berbagi pengalaman konten yang mereka baca dengan teman-teman mereka.

Sangat mudah untuk membuat dan menanamkan elemen interaktif untuk halaman website Anda menggunakan tool seperti Playbuzz.

Sebuah platform gratis untuk penggunaan editorial, Playbuzz memungkinkan Anda untuk membuat konten disesuaikan untuk website Anda dalam bentuk kuis, polling, flip cards dan banyak lagi.

Menggunakan platform ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan perhatian dan share sosial media, dan juga membantu memunculkan interkasi yang berarti bagi pengalaman pengguna.

keterlibatan audience dengan brand

Terlebih lagi, konten interaktif adalah strategi monetisasi yang kuat. Pura Vida Bracelets, misalnya, masuk dalam daftar Forbes under 30 karena seven-question quiz mereka :

Kuis telah diikuti oleh lebih dari 37.000 pengunjung wesbisute, 18.000 di antaranya telah memilih untuk memberikan alamat email mereka, yang merupakan tingkat konversi yang bagus dari 48,6%. Tidak hanya kuis yang memberi saran gelang yang pas, tetapi juga menggunakan data yang dikumpulkan untuk menonjolkan aspek-aspek tertentu dari kepribadian pengunjung. Sifat interaktif dari kuis dapat membantu menciptakan ikatan yang kuat antara brand dan customer yang akhirnya menjadi customer setia.

Selain kuis, polling, dan flip card, ciri lain membuat konten Anda mudah untuk berinteraksi dengan pengunjung adalah dengan online chat.

Sayangnya, kesalahan banyak perusahaan membuat di online-chatting di halaman depan memaksa pengunjung dan pelanggan untuk datang kepada mereka dengan cara meminta email mereka dan harus login dalam website tersebut.

Sebaliknya, untuk membuat chatting  lebih mudah dengan audience Anda, Anda bisa menggunakn tool social messengger seperti Facebook Messenger.

Messenger adalah cara mudah untuk tidak hanya memberikan feedback dan pengumuman dengan cepat, tetapi juga mengelola keterlibatan sebuah e-commerce.

Bahkan ada tool seperti Bontact yang memungkinkan marketer untuk menawarkan multi-platform live chat kepada pengunjung website.

Jadi percakapan yang dimulai di widget pada halaman website Anda dapat dengan mudah pindah ke Messenger, text (sms), Skype, telepon, email, screenshare atau sejumlah platform lain.

keterlibatan audience dengan brand

Dalam era branded experience mencakup beberapa perangkat, platform, aplikasi dan fase perjalanan customer, memberikan pengunjung website Anda kemampuan untuk berinteraksi dengan Anda di saluran pilihan mereka, dapat membuat kesan yang melekat.

Mudah Dimuat

Salah satu yang pembunuh perhatian terbesar untuk website adalah jumlah waktu yang dibutuhkan website tersebut untuk dimuat di berbagai platform, jadi hal ini akan berpengaruh pada keterlibatan audiens dengan brand Anda.

Sekarang, rata-rata lebih dari setengah akses pada sebuah website diakses dari perangkat mobile, yang tidak mendukung kecepatan konektivitas sama dengan komputer.

Terlebih lagi, kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan layar kita, sehingga waktu semakin menipis dan kesabaran user berkurang.

Sebuah data menunjukkan bahwa hanya satu detik penundaan waktu loading bisa menurunkan konversi sebesar 7% , tiga detik menunggu halaman untuk dimuat aka mengurangi tingkat kepuasan sebesar 16%, dan waktu memuat selama empat detik membuat tingkat bouncing 25% lebih tinggi. Itu adalah salah satu pembunuh keterlibatan dengan audiens.

Namun demikian, ada juga solusi untuk meningkatkan waktu loading website Anda, seperti mengurangi ukuran file gambar dengan tool seperti ImageOptim (Mac) atau TinyPNG (tool website) dan menggunakan platform seperti Google Accelerated Mobile Pages (AMP).

Untuk waktu muat halaman yang benar-benar cepat, terutama dalam dunia e-commerce, Anda mungkin perlu untuk melihat ke dalam solusi yang bisa dikatakan lebih banyak investasi.

Tips selanjutnya adalah Anda bisa melakukan investasi pada apa yang disebut dengan content delivery network (CDN), yang pada dasarnya adalah jaringan server yang hosting aset media website Anda di lokasi yang berbeda di seluruh dunia, untuk akses yang lebih cepat.

keterlibatan audience dengan brand Anda 5

Untuk kecepatan dimuatnya sebuah website terbaik di kelasnya, itu penting untuk menggunakan algoritma caching canggih dan disesuaikan.

Rata-rata, website yang menggunakan CDN lebih cepat dan mengonsumsi bandwidth secara signifikan lebih sedikit dari mereka yang tidak.

Mudah untuk Di-share

Sosial sharing, untuk sebagian besar adalah tingkat tertinggi keterlibatan audience yang ada.

Ketika pengunjung website Anda berbagi halaman Anda, itu berarti satu dari dua hal. Entah mereka telah menikmati pengalaman seperti teman-teman mereka dapatkan dari website Anda, atau mereka menemukan konten Anda sangat berharga sehingga mereka percaya berbagi itu akan membuat mereka terlihat lebih baik.

Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan content sharing adalah untuk membuatnya mudah untuk dilakukan.

Yang dibutuhkan adalah tombol klik, orang akan lebih mungkin untuk terlibat dalam cara ini, menempatkan Anda di posisi yang bagus untuk mencapai penonton baru dan memperluas basis pelanggan Anda.

keterlibatan audience dengan brand

Social Warfare adalah salah satu plugin WordPress yang dapat menambahkan tombol share yang menarik untuk halaman konten. tool ini dioptimalkan untuk kecepatan dan keindahan, tetapi memiliki fitur lain yang membedakannya juga.

Sosial Warfare mendukung ribuan variasi desain yang telah ditetapkan, memungkinkan tim website untuk menyesuaikan berbagi teks default, dan bahkan menambahkan kode UTM untuk berbagi URL untuk Google Analytics.

Mudah Menghasilkan Uang

IndustrI publisher konten saat ini dihadapkan dengan beberapa tantangan finance yang serius, karena, semakin sulit untuk menghasilkan keuntungan.

Ekosistem iklan online adalah dalam keadaan berantakan, dengan kurangnya solusi yang layak untuk menghasilkan uang dari pengguna ponsel. Terlebih lagi, dalam upaya pengiklan untuk menarik perhatian orang, publisher telah memungkinkan pengiklan untuk memesan penempatan dalam format yang terlalu mengganggu.

Inilah sebabnya mengapa kita melihat munculnya ads blocker iklan hari ini, dan untuk memenangkan audience kami kembali, publisher harus mengubah cara mereka beroperasi.

Bahkan ada cara untuk mendorong pendapatan dari halaman konten tanpa membuat audiens Anda terganggu, cara yang meningkatkan keterlibatan audience dengan brand Anda.

Sebuah cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan mengintegrasikan iklan berdasarkan sebuah konteks ke dalam konten Anda.

Teknologi  Imonomy’s dapat scan halaman website Anda dan secara otomatis memasang gambar website Anda dengan banner iklan yang relevan,.

Karena iklan gambar ditampilkan bersama-sama dan dipilih untuk mencocokkan gambar website Anda, platform ini memberikan tingkat kemungkinan dilihat yang tinggi. Juga, meningkatkan keterlibatan dengan pengunjung website Anda.

keterlibatan audience dengan brand

Ini tentu saja bisa menghasilkan menjadi profit yang lebih tinggi .

Keterlibatan Audiens dengan Brand Anda Harus Mudah

Penting untuk memiliki strategi digital marketing dinamis, yang memaksimalkan interaksi dan waktu di website sehingga dapat menghasilkan keterlibatan audiens dengan brand Anda. Menurut kata-kata Gary Vaynerchuk ,“Perhatian adalah aset yang paling penting.”

Jika sebuah bisnis tidak mampu untuk mendpat perhatian dari target audiens dan menjaga mereka dengan terlibat di website, profit yang berkelanjutan akan sulit didapat.

Dan satu kata untuk diingat, untuk memaksimalkan keterlibatan audiens dengan brand Anda adalah kata “mudah”.Yang berarti konten Anda harus mudah untuk:

  1. Untuk di-scan
  2. Berinteraksi
  3. Dimuat
  4. Dishare
  5. Menghasilkan uang

Anda bisa berbagi pengalaman tentang keterlibatan audiens dengan brand Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>