5 Kesalahan Fatal saat Menjalankan Bisnis Online Anda & Cara Mengatasinya

Kesalahan fatal pada bisnis online
29 Juli 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap bidang pekerjaan apapun pasti memiliki masalah dan tantangan tersendiri.

Tidak terkecuali bisnis online. Menjalankan bisnis online bukan berarti membuat Anda berpikir dapat bersantai-santai menikmati waktu dan secara otomatis uang bekerja untuk Anda.

Mindset itu sangat salah.

Untuk menjalankan bisnis online diperlukan effort dan waktu yang tidak sedikit sehingga pada akhirnya Anda bisa mendapatkan time freedom / money freedom yang diimpikan itu.

Namun, pada saat menjalankan bisnis online Anda, tentunya banyak sekali kesalahan-kesalahan yang Anda akan alami.

Hal ini sangatlah biasa…

Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda untuk mencegah kesalahan-kesalahan fatal pada saat menjalankan bisnis online Anda.

Atau jika Anda sudah melakukan kesalahan-kesalahan ini, Setelah ini Anda dapat mengatasi kesalahan tersebut

Berikut adalah 5 kesalahan fatal pada saat menjalankan bisnis online, dan juga cara mengatasinya.

Mari disimak.

5 Kesalahan Fatal Pada Bisnis Online

Apakah Anda bisa menebak di bagian mana yang sering terjadi kesalahan dalam menjalankan bisnis online?

Ide bisnis? Target market? Strategi? Produk?

Well, semua kesalahan bisa datang dari sektor manapun.

Lalu bagaimana caranya kita bisa tahu dalam bisnis online kita terdapat kesalahan?

Terdapat 5 poin yang mungkin sering kita temui saat menjalankan sebuah bisnis dan mungkin salah satu dari Anda sedang mengalaminya saat ini.

 

1. Orang Tidak Mengetahui Produk Anda

Anda sering bertanya-tanya mengapa produk Anda tidak laku atau lakunya hanya sedikit? Bisa jadi penyebabnya adalah karena orang-orang tidak mengetahui produk yang Anda jual!

Bagaimana Anda mengharapkan orang akan membeli produk Anda jika mereka tidak tahu atau tidak menyadari akan adanya produk tersebut?

Apalagi jika Anda menjual sebuah produk atau jasa yang belum dikenal masyarakat umum.

Tapi bukan salah produk/jasa Anda jika menjual barang yang belum dikenal masyarakat.

Sebab bisa saja produk/jasa Anda merupakan sebuah inovasi yang tidak pernah terpikirkan, betul?

Anda mungkin sudah melakukan upaya-upaya promosi bisnis Anda. Namun apakah upaya promosi tersebut sudah menjangkau target market Anda?

Anda perlu mengevaluasi kembali strategi marketing Anda. Dengan startegi yang tepat + target market yang tepat, tentu hal ini akan membangkitkan awareness calon customer terhadap produk Anda.

 

2. Orang Tidak Yakin Dengan Produk Anda

Orang tidak yakin dengan produk yang Anda jual?

Ini merupakan hal yang sangat wajar di masyarakat Indonesia yang masih belum terbiasa untuk melakukan transaksi secara online.

Apalagi jika brand bisnis Anda masih sangat baru, wajar jika orang lain ragu.

Kunci dari meyakinkan customer Anda adalah menyediakan Testimonial Customer yang sudah membeli produk / menggunakan Jasa Anda.

Bahkan, akan sangat menjamin jika testimonial tersebut berasal dari orang yang terkenal/expert di bidangnya.

Cara ini bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan calon customer saat membeli produk Anda.

 

3. Sudah Pesan, Tapi Tidak Kunjung Membayar

Mungkin beberapa dari kita saat menjadi pembeli sering kali melakukan kesalahan ini, yaitu kita hanya memesan, namun tidak membayar.

  1. Banyak faktor yang bisa menjadi alasan,
  2. Mungkin kita lupa untuk melakukan transfer.
  3. Mungkin kita memesan dulu, dan membayar nanti saat gajian.
  4. Dan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Tidak ada sebab yang pasti.

Namun, seperti jargon yang biasa kita dengar “Pembeli Adalah Raja”. Kita tidak bisa menyalahkan customer.

Oleh karena itu kita perlu strategi bisnis yang berguna untuk mengingatkan customer untuk membayar, sebab terkadang customer memang benar-benar lupa untuk membayar dan tidak ada maksud untuk tidak membayar.

Email/telfon/chat/sms follow up bisa menjadi strategi yang tepat untuk kembali mengingatkan customer untuk membayar.

Anda bisa menunggu 2-3 hari setelah customer memesan untuk melakukan follow up pembayaran.

Untuk mendapatkan strategi jitu lebih banyak bagaimana cara melakukan closing dalam transaksi bisnis Anda, downlad dan baca Ebook Gratis Cara Praktis Jualan Laris.

4. Tidak ada Repeat Customer Dalam Bisnis Anda

Jika Anda mendapati hal ini dalam bisnis Anda, kemungkinan besar terdapat kesalahan strategi dalam bisnis Anda.

Memiliki repeat customer sama pentingnya dengan memiliki customer baru dalam bisnis Anda.

Saat seorang customer datang kembali untuk membeli produk/jasa Anda, hal ini berarti bahwa jasa/produk yang Anda tawarkan memuaskan bagi mereka.

Anda perlu paying attention pada hal ini.

Banyak strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan repeat customer, salah satunya adalah memberikan poin pada saat pembelian pertama yang di mana poin tersebut dapat ditukarkan menjadi sebuah voucher potongan harga di pembelian selanjutnya.

Untuk mendapatkan strategi lain

5. Omzet Bisnis Tidak Berkembang

Ok, kesalahan paling sering terjadi yang dihadapi pebisnis online dan dapat menyebabkan krisis bagi bisnisnnya adalah omzet bisnis tidak berkembang.

Maksudnya adalah profit bisnis Anda hanya segitu-gitu saja alias tidak berkembang.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana Anda bisa menegembangkan omzet bisnis Anda? Jika Anda tidak memiliki strategi tersebut, bisa jadi omzet bisnis Anda lama-kelamaan akan semakin menurun.

Tentunya Anda ingin bisnis online ini bertahan dan berkembang semakin besar, kan?

Oleh karena itu, penting bagi bisnis online Anda untuk terus memiliki strategi baru.

Untuk menghindari 5 kesalahan fatal saat menjalankan bisnis online ini, Anda bisa menggunakan Ebook Cara Praktis Jualan Laris untuk mendapatkan strategi baru yang akan membantu bisnis online Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan di atas..

Tenang saja, Ebook ini dibagikan secara GRATIS untuk Anda.

Kesalahan fatal pada bisnis online

Sedikit spoiler, dalam Ebook ini terdapat 5 formula sukses untuk meledakkan omzet bisnis Anda dengan 47 teknik jitu agar produk yang Anda jual laris manis.

Kesimpulannya…

Ketika Anda sudah mengetahui serta memahami 5 kendala saat menjalankan bisnis online, artinya Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan ke depannya.

Berbisnis online itu menyenangkan! Jika Anda sudah memiliki niat, pengetahuan, dan langsung melaksanakannya sebenarnya Anda telah membuka jalan untuk meraih kesuksesan.

Perlu diingat, bisnis online juga memiliki risiko yang sama besar dengan bisnis lainnya, oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu menambah ilmu dan meng-upgrade strategi bisnis Anda.

Selamat berbisnis!

 

 


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>