9 Tanda Anda Memiliki Mindset yang Dibutuhkan untuk Sukses

cara mencapai sukses
31 Agustus 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara mencapai sukses ? Sudah pasti ada!

Sukses merupakan sebuah kata yang sangat menyenangkan untuk didengar dan dibaca. Siapa yang tidak ingin sukses dalam hidupnya?

Definisi sukses sendiri sebenarnya sangat luas. Ada yang menganggap bahwa seseorang sukses jika bisnis yang sedang dijalankan terus mengalami peningkatan. Ada juga yang mendefinisikan sukses jika ia mencapai goal tertentu yang telah dirancang.

Semua definisi tentang sukses itu benar. Dan mari sekarang kita fokuskan pada satu pertanyaan.

“Bagaimana seseorang dapat mencapai kesuksesan?”

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk menelusuri apa yang sebenarnya membuat seseorang dapat mencapai kesuksesan.

Dan, bukan hanya itu saja. Dalam artikel ini Anda juga akan mendapat tips untuk dipraktikan setiap hari agar Anda mencapai mindset yang positif.

Semakin penasaran? Ok. Mari kita langsung ke dalam pembahasan…

Cara Mencapai Sukses

Baiklah. Mari kita bahas ulang tentang pertanyaan di tengah paragraph pembuka, “Bagaimana seseorang dapat mencapai kesuksesan?”

Pertanyaan mudah tapi perlu proses dalam menjawabnya. Yes, proses. Karena semua tidak ada yang instant dalam mencapai kesuksesan.

Ada sejumlah kualitas yang membantu Anda untuk sukses. Belajar agar menjadi seseorang yang disukai dan menarik adalah salah satunya (sehingga Anda bisa menjadi seseorang yang lebih karismatik).

Mengembangkan kemauan dan ketangguhan mental (kedua hal ini sudah pasti dapat Anda kembangkan) juga dapat membantu Anda.

Bukan hanya itu saja, begitu juga ketika Anda mendekati situasi tertentu. Anda perlu mindset yang konsisten.

Ada kualitas tertentu dari orang-orang sukses yang dapat Anda pelajari.

Orang-orang yang mau berbagi ini adalah orang yang sukses bukan hanya dalam bisnis dan pekerjaan mereka tapi juga membuat dampak yang positif pada kehidupan orang lain.

Semakin penasaran? Simak terus artikel ini!

Mindset yang Dibutuhkan untuk Sukses

  1. Mereka fokus pada pesan yang disampaikan melalui sosok pembawa pesannya

pembawa pesan

Ketika orang berbicara dari posisi yang menggunakan power, otoritas atau ketenaran, hal ini akan menggoda seseorang untuk menempatkan penekanan lebih besar pada input, saran, dan ide-ide mereka ke dalam pesan.

Warren Buffet? Anda pasti akan mendengar apa yang ia sampaikan. Sherly Sandberg? Yes. Richard Branson? Sudah pasti.

Pendekatan ini dapat langsung bekerja pada poin (tapi hanya untuk sebuah poin saja).

Orang yang benar-benar cerdas akan mengupas semua framing yang datang dari sumbernya, baik positif maupun negatif.

Selain itu mereka juga akan mengevaluasi informasi, saran, dan masukan ide yang berdasarkan pada manfaatnya.

Ketika Branson berkata, “Screw it; just do it and get on with it,” itu merupakan kalimat yang powerful.

Jangan pernah memotong pesan karena Anda akan menghambat pembawa pesannya. Saran yang baik adalah saran yang baik, terlepas dari sumbernya.

  1. Mereka bekerja keras untuk mengumpulkan pengetahuan…

collecting knowledge

Berkompetisi adalah bagian dari kehidupan seorang professional, bersaing dengan bisnis lain, produk lain, dan orang lain. Ini bukanlah zero-sum game, tetapi ini adalah game yang kita semua coba untuk menang.

Orang yang cerdas akan menang banyak.

Orang yang lebih cerdas akan menang lebih sering.

Terus berusaha untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan adalah cara terbaik kedua untuk sukses.

  1. …. Tapi mereka bekerja lebih keras dalam mengumpulkan orang-orang yang berpengetahuan

smart people

Anda mungkin tidak tahu tentang semua hal, tetapi Anda pasti tahu bahwa orang cerdas yang bersama Anda hampir tahu segala hal.

Dan bersama, lakukan semuanya.

Bekerja keras untuk menjadi lebih cerdas. Bekerja keras untuk mendapatkan orang yang cerdas agar dipihak Anda.

Bagaimana menurut Anda?

  1. Mereka memberikan bahkan sebelum mereka berpikir untuk menerima

giving

Tujuan dari networking adalah untuk menghubungkan dengan orang-orang yang dapat memberikan referral, membantu dalam penjualan, berbagi informasi penting, berfungsi sebagai mentor, dll. Ketika kami membangun jaringan, kita menginginkan sesuatu.

Namun pada awalnya, jangan pernah meminta apa yang Anda inginkan. Lupakan apa yang Anda inginkan dan fokuskan pada apa yang dapat Anda berikan.

Memberi adalah satu-satunya cara untuk membangun hubungan yang nyata dan koneksi yang berjangka panjang.

Tidak berfokus pada networking, Anda akan membuat koneksi yang bermakna dan saling menguntungkan.

Pendekatan networking seperti ini akan memberikan kesan seolah-olah semua tentang mereka, bukan tentang Anda.

Anda akan menciptakan lebih banyak kontak dan teman.

  1. Mereka selalu bekerja pada apa yang harus dilakukan selanjutnya

so-whats-next

Hal yang mustahil untuk memprediksi apa yang akan bekerja, apalagi seberapa baik itu akan bekerja.

Beberapa produk akan diminati tapi hanya untuk sementara, beberapa layanan berkembang lalu kemudian tidak lagi, beberapa usaha berkembang dan akhirnya gulung tikar.

Anda akan selalu berpikir untuk apa yang harus dilakukan selanjutnya. Seperti, produk baru, service baru, customer baru dan koneksi…

Tidak peduli seberapa sukses Anda hari ini, selalu tanamkan berpikir ke depan dalam pipeline Anda.

Jika pada suatu kesempatan produk, jasa atau perusahaan Anda saat ini terus berkembang, hal yang sangat bagus! Anda telah menciptakan garis besar produk, jasa dan usaha.

Itulah cara orang sukses menghadapi badai yang melanda bisnis pada saat-saat sulit, dan menjadi lebih sukses ketika bisnis booming.

  1. Mereka pernah termakan dengan kata-kata mereka sendiri

Silence is not a solution.

Jika Anda selalu benar maka Anda tidak akan tumbuh. Ketika Anda melihat kembali ke belakang, salah merupakan salah satu hal yang baik, karena ketika Anda berbuat kesalahan sebenarnya Anda diberi kesempatan untuk belajar.

Tidak perlu khawatir, setiap orang yang sukses telah gagal berkali-kali. Mereka telah gagal lebih banyak dari Anda. Itulah kenapa mereka menjadi sukses sekarang.

Lakukan kesalahan, miscue, dan kegagalan. Katakanlah Anda membuat kesalahan, Anda kacau. Katakanlah kepada orang lain, tetapi yang lebih penting adalah bercerminlah dan katakan hal itu kepada diri Anda sendiri.

Lalu berkomitmenlah untuk memastikan bahwa lain kali semuanya menjadi lebih baik.

  1. Mereka mengubah ide mereka menjadi sebuah tindakan

7fdfdedf-e354-4126-9b0d-c71fdf0fde3f

Kata “ide” akan menjadi nyata ketika Anda mengubah inspirasi tersebut ke dalam sebuah tindakan.

Ide tanpa tindakan bukanlah ide, tetapi penyesalan.

Setiap hari kita membiarkan keraguan dan ketidakpastian menghentikan kita dari tindakan atas ide-ide kita.

Rasa ketakutan seperti takut tidak diketahui dan kegagalan adalah apa yang menghentikan beberapa orang, dan mungkin hal itu yang menghentikan Anda juga.

Pikirkan tentang beberapa ide yang Anda miliki, apakah berkaitan tentang bisnis baru, karir baru, atau bahkan walaupun pekerjaan paruh waktu.

Coba Anda cek, banyak sekali ide-ide Anda yang ternyata baik, terutama jika Anda telah memberikan upaya terbaik Anda untuk melakukannya.

Percayalah analisis, penilaian, dan naluri Anda. Percayai mereka lebih dari yang Anda lakukan. Percaya dengan kemauan Anda untuk bekerja dan lalui tantangan serta hambatan.

Anda tidak selalu benar setiap waktu, tapi ketika Anda hanya membiarkan sebuah ide tetap menjadi ide, yang Anda lakukan itu salah.

  1. Mereka menemukan kebahagiaan dalam kesuksesan orang lain

happy

Tim bisnis yang hebat, menang karena anggota paling berbakat mereka bersedia untuk mengorbankan untuk membuat orang lain bahagia.

Tim hebat yang terdiri dari karyawan yang saling membantu, tahu peran mereka, menyampingkan tujuan pribadi, menganggap keberhasilan tim lebih bernilai dibandingkan dari yang lain.

Dari datangnya sikap seperti itu?

Anda.

Setiap orang yang sukses menjawab pertanyaan, “Bisakah Anda membuat pilihan bahwa kebahagiaan Anda akan datang dari keberhasilan dari orang lain?” dengan tegas mereka akan menjawab, “Ya!”

  1. Mereka tidak berhenti mencari pengalaman baru

new experience

Mencari hal yang baru (mulai bosan dengan mudah dan lemparkan diri ke dalam kegiatan baru) sering dikaitkan dengan perjudian, penyalahgunaan narkoba, terjun bebas dari pesawat tanpa parasut. Itu hal gila.

Menurut Robert Cloninger, “Mencari hal baru adalah salah satu sifat yang membuat Anda sehat, bahagia, dan mendorong kepribadian sesuai umur Anda.”

Jika Anda menggabungkan antara petualangan dan rasa ingin tahu dengan ketekunan serta perasaan bahwa ini bukan semua tentang Anda, maka Anda mendapatkan kreativitas yang bermanfaat untuk masyarakat secara keseluruhan.

Cloninger kembali mengatakan, “Untuk sukses, Anda pasti ingin dapat mengatur dorongan hati Anda sementara juga memiliki imajinasi untuk melihat seperti apa masa depan jika Anda mencoba sesuatu yang baru.”

Selain 9 tanda di atas, ada yang perlu Anda ketahui, orang sukses biasanya memiliki mindset yang positif dan terdapat manfaatnya.

Mindset positif bisa memberikan Anda kepercayaan diri, mengimprovisasi mood Anda, dan bahkan mengurangi kondisi hipertensi, depresi, dan gangguan yang berhubungan dengan stress.

Mindset positif sangat membantu Anda dalam menghadapi situasi yang sulit sekalipun dan sudah pasti sangat membantu Anda dalam meraih kesuksesan.

Anda ingin menjadi lebih efektif dalam berpikir dan menjadi lebih positif?

Berikut ini ada beberapa tips untuk diterapkan setiap hari.

  • Memulai hari dengan afirmasi positif

afirmasi

Cara Anda memulai pagi akan menentukan sisa hari Anda. Pernahkah Anda terbangun terlambat, panik, dan kemudian merasa bahwa tidak akan ada hal yang baik terjadi pada hari itu?

Hal ini mungkin terjadi karena Anda sudah terlanjur pesimis dengan keadaan yang ada. Anda membiarkan kejadian yang tidak menyenangkan mempengaruhi pikiran, emosi dan hari Anda.

Anda bisa menggunakan cara ini, berbicaralah kepada diri Anda di depan cermin. Walaupun Anda merasa bodoh, tidak menjadi masalah! Ucapkan statement seperti, “Hari ini akan menjadi hari yang baik” atau “Saya siap menjalani hari yang menyenangkan.”

Dengan melakukan afirmasi seperti ini, Anda akan terkagum melihat hari Anda semakin membaik.

  • Focus pada hal yang baik, walaupun hal kecil

FOKUSS

Hampir selalu, Anda akan menemui kendala sepanjang hari. Ketika Anda menghadapi tantangan seperti itu, fokus pada manfaat. Tidak peduli seberapa kecil atau tampaknya tidak penting.

Misalkan, jika Anda terjebak dalam lalu lintas, Anda dapat mendengarkan musik untuk melewati macet. Kalau Anda pergi ke toko dan kehabisan stok bahan untuk membuat makan malam, Anda bisa memikirkan untuk mengganti menu baru yang lebih menarik.

  • Tetap menjadi orang yang memiliki humor

Beaming Smiling Man

Jangan biarkan diri Anda tenggelam dalam suasana yang buruk, selipkan rasa humor dalam diri Anda.

Ingatkan diri Anda bahwa situasi ini mungkin akan menciptakan cerita yang bagus nantinya dan cobalah untuk melucu dengan situasi Anda.

Misalkan Anda di PHK, bayangkan diri Anda melewati hari terakhir dengan cara yang paling konyol atau bayangan pekerjaan konyol yang akan Anda lakukan selanjutnya.

  • Menjadikan kegagalan menjadi pengalaman

never give up

Anda tidak sempurna. Anda akan berbuat kesalahan dan mengalami pengalaman gagal dalam beberapa konteks, di beberapa pekerjaan dan dengan beberapa orang.

Daripada Anda berpikir mengapa terjadi kegagalan, pikirkan saja tentang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

Waktu akan mengubah kegagalan Anda menjadi pelajaran. Konseptualisasikan ini ke dalam aturan yang konkrit. Misalnya, Anda bisa menerapkan 3 aturan baru untuk membantu Anda dalam mengelola proyek.

  • Mengubah negatif self-talk menjadi positif self-talk

plus-and-minus

Negatif self-talk bisa menyebar dengan mudah dan sulit untuk dilihat. Anda mungkin berpikir “Saya sangat buruk dalam hal ini” atau “Saya seharusnya tidak mencobanya”. Pikiran-pikiran ini akan segera berubah menjadi internal feeling dan memperkuat statemen Anda.

Ketika Anda mendapati diri dalam situasi ini yang dapat Anda lakukan adalah stop sejenak dan mengganti pesan-pesan negatif menjadi positif.

Sebagai contoh, “Saya sangat buruk dalam hal ini” menjadi “Setelah saya banyak berlatih, saya akan menjadi lebih baik dalam hal ini.” Ganti pesan “Saya seharusnya tidak mencobanya” menjadi “Ini tidak berjalan sesuai rencana – mungkin lain kali.”

  • Fokus pada saat ini

focus

Kita bicara tentang saat ini – bukan hari ini, bukan jam ini, hanya saat ini saja. Mungkin Anda ditegur secara tidak baik dengan menggunakan kata-kata kasar karena suatu hal. Hal ini terjadi 5 menit yang lalu, jadi lupakan saja kejadian yang sudah berlalu dari sekarang.

Fokuskan pada hal ini, individual moment. Anda akan menyadari bahwa hal itu tidak seburuk yang Anda bayangkan.

Sebagian besar, sumber yang negatif berasal dari memori tentang peristiwa baru-baru ini atau imajinasi berlebihan dari peristiwa masa depan yang berlebihan. Tinggal saat ini juga.

  • Temukan teman, mentor, rekan kerja yang positif

teman

Ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif, Anda akan mendengar pandangan positif, cerita positif dan afirmasi positif.

Kata-kata positif mereka akan masuk dan mempengaruhi garis berpikir Anda, yang kemudian mempengaruhi kata-kata Anda dan juga memberikan kontribusi ke grup.

Menemukan orang yang positif untuk mengisi hidup Anda memang sulit untuk ditemukan, tetapi Anda perlu sesegera mungkin menyingkirkan hal yang negatif.

Lakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan hal positif dari orang lain, dan biarkan hal positif dari mereka mempengaruhi Anda.

Selanjutnya?

Anda membaca artikel untuk mendapatkan cara mencapai sukses ini sampai akhir? Kalau begitu, wawasan Anda tentang cara mencapai sukses sudah Anda miliki.

Dan bukan hanya itu saja, Anda juga sudah mendapat tips untuk menciptakan mindset yang positif sebagai salah satu cara mencapai sukses.

Hampir semua orang dalam situasi apa pun dapat menerapkan pelajaran ini untuk kehidupan dan meningkatkan sikap positif mereka.

Semakin mindset Anda positif, semakin mempermudah Anda untuk menerapkan cara mencapai sukses.

Selamat mempraktikkan!

Baca juga artikel lainnya, seperti :

Bagikan pengalaman Anda dalam menerapakan cara mencapai sukses  atau yang berhubungan dengan topik ini kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>