ClickZ Live Jakarta : Getting Tactical With Digital

ChGp8xuU0AArsuh
16 Mei 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ClickzLive-300x200

Masih ingat dengan acara ClickZ Live yang pernah disampaikan pada artikel sebelumnya? Jika Anda belum mengetahui apa itu ClickZ Live sebaiknya Anda membaca artikel tersebut.

Tanggal 27 dan 28 April 2016 kemarin ClickZ Live telah mengadakan training bootcamp dan konferensi di hotel Pullman, Jakarta.

DigitalMarketer.id telah menyiapkan liputan konferensinya yang disajikan khusus untuk Anda para digital marketer yang penasaran dan belum sempat mengikuti acara ini.

Mari simak liputannya!

Pembukaan Konferensi ClickZ Live

ClickZ Live

Acara dimulai dengan pembukaan konferensi oleh Maneesh Sah, Head of Marketing-Asia Pacific, Middle East and Africa dari perusahaan AON Hewitt.

Berlanjut pada presentasi, Maneesh berbagi ilmu serta pengalamannya mengenai :

  1. Bagaimana cara mentransformasi marketing Anda untuk demand generation engine.
  2. Bagaimana cara memulai percakapan baru yang menimbulkan antusias dengan menggunakan konten.
  3. Bagaimana cara mengembangkan tim marketing yang sudah siap untuk masuk ke dunia digital.

Masuk pada inti presentasi mengenai marketing planning, Maneesh mengungkapkan terdapat pilar-pilar untuk mensupport sebuah bisnis agar dapat berkembang.

Pilar-pilar tersebut adalah

  • Community Building
  • Demand Generation
  • Account Based Marketing
  • Insight
  • Campaign
  • The Team

Ia juga memberitahukan terdapat 5 jenis marketer yaitu Adaptor, Connecter, Doer, Fast Mover, Focuser.

Di sesi berikutnya, semua peserta training ikut bergabung dalam diskusi mengenai Getting Strategic with Digital dengan pembicara Muara Sipatuhar (Digital Marketing Manager Indonesia, Hyatt Hotels & Resort), Budi Putra (Head of Digital, RGE Group), Gabriel Montadaro Wu (Chief Commercial Officer, Sinarmas Distribusi Nusantara, dan Special Guest Moderator : Sri Safitri (CMO, Telkomtelstra).

Salah satu pembicara, Muara Sipatuhar mengatakan bahwa jika ingin menerapkan strategi untuk mengembangkan sebuah usaha secara online maka Anda tidak dapat bekerja secara individual. Anda perlu tim, dan kemudian perhatikan soal budget untuk iklan dsb, komunikasikan kepada tim, dan selanjutnya eksekusi.

Ia juga berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan data customer untuk membangun hubungan dengan mereka.

Dalam mendapat data customer, Hyatt Hotels & Ressort menggunakan cara secara direct dan indirect.

Secara direct, customer akan mengisi data seperti nama, umur, tanggal lahir, alamat dll. Sedangkan indirect, pihak dari Hyatt Hotels & Ressort yang mencari tahu tentang customer mereka melalui jejaring sosial. Biasanya di jejaring sosial akan terlihat apa saja kegiatan customer dan itu menjadi data.

Sedangkan Gabriel Montadaro Wu menjawab bahwa data yang diperoleh di perusahaannya berasal dari internet yang kemudian disaring dan disusun menjadi data yang valid.

Mengenai tantangan yang dihadapi dalam mendapatkan data, Muara kembali angkat bicara, “Tantangannya adalah kita harus dapat melihat tingkah laku seseorang, dan melatih orang yang bekerja di dalam perusahaan tidaklah mudah.”

ChGp8xuU0AArsuh

Isi Acara ClickZ Live

Usai diskusi dan memasuki break time, MC menyampaikan kepada para peserta bahwa terdapat 2 ruangan dan masing-masing ruangan akan diisi oleh speaker yang berbeda dan ahli dalam bidangnya.

Dalam acara ini, peserta bebas memilih ruangan yang menyajikan topik presentasi sesuai minat mereka. Setiap speaker akan melakukan presentasi selama 40 menit termasuk sesi tanya jawab.

Setelah waktu habis, maka akan berlanjut ke presentasi dari speaker yang berbeda dengan topik yang baru. Peserta diberi waktu 5 menit untuk memilih tetap pada ruangan atau beralih ke ruangan lain.

Ruangan pertama bertema Mobile First dan ruangan kedua bertema Social Optimaztion. Topik yang dibawakan oleh para speaker tentulah menarik.

Topik pada tema Mobile First :

  • Captivating Cunsomers on the Move : Mobile Innovation.
  • Next Stop for Everywhere Marketing : Mobile Apps.
  • Right on Target : Reaching the Ever-Connected Cunsomer with Smart Mobile Ads.
  • Programmatic 101 for the Marketers Toolkit.

Sedangkan topik pada tema Social Optimization :

  • 10 Top for How to Use LinkedIn.
  • The Modern Marketer.
  • Create Ads that Engage, not Enrage Viewers.
  • Mastering the Millennial Market : Thinking Beyond the Usual.

Selepas makan siang, acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai The Value of a Digital Ad yang dibawakan oleh Mark Chamberlain (Managing Director, Millward Brown Indonesia) dan Kerry J Brown (Vice President, Southeast Asia, comScore, Inc).

Dalam presentasi ini, Mark dan Kerry berbagi wawasan dari comScore dan Millward Brown tentang gambaran antara metrik pengiriman (dalam pandangan, bebas penipuan, brand yang aman, menentukan target, dan audience) dan langkah-langkah yang efektif untuk mengidentifikasi brand dan sales impact.

Masuk ke sesi berikutnya, Nicholas Kontopoulos (Global Head of Fast Growth Markets & Marketing Innovation, SAP Hybris) berbagi pengalamannya dalam Marketing Solution dan Customer Engagement.

Menurut Nicholas, ketika sebuah janji dibuat dan kemudian diwujudkan maka akan menghasilkan kepercayaan / Trust.

Ia juga mengungkapkan 89% marketer langsung bersaing satu sama lain dalam pemasaran sedangkan 73% marketer lainnya lebih memfokuskan diri untuk menciptakan customer experience.

Yang perlu diingat adalah sebenarnya sebagai marketer kita harus memperhatikan bahwa customer itu dilihat dari orangnya, bukan sekedar angka.

Customer experience lebih penting dibandingkan hanya bersaing mati-matian hanya untuk memperoleh customer.

Ia melanjutkan, jika ingin memastikan customer experience Anda tidak dapat menggunakan cara tradisional. Anda perlu menggunakan teknologi.

Hero-image-jkt-1024x681

Penutupan Konferensi ClickZ Live

Sebelum memasuki sesi akhir dari acara, ada diskusi bersama 4 pembicara, yaitu Budiman Goh (Marketing Director, Garudafoods), Amit Keswani Manghnani (Vice President, E-commerce and Customer Loyalty, Mitra Adiperkasa TBK (MAP) Indonesia), Tim Martin (Head of Performance Marketing, Mataharimall), Gaery Undarsa (Co-Founder, Managing Director Ticket.com) dan dengan moderator Federal Marcos (Digital Media Consultant, Liputan 9).

Inti dari diskusi ini adalah menurut pandangan mereka, tren bisnis pada 2017 bentuknya B2C, dan masa depan akan lebih beralih ke mobile & apps.

“Jika Anda ingin memulai atau sudah memiliki usaha, maka tentukan jenis bisnisnya. Offline atau Online.” Kalimat penutup dari Amit Keswani.

Usai acara, para peserta dapat bertemu dan berkonsultasi dengan Expert yang sesuai dengan minat dan bisnis masing-masing di ClickZ hotspot.

Sebagai informasi untuk Anda, Acara ClickZ Live ini diselenggarakan bukan hanya di Jakarta, tetapi di berbagai negara lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Website ClickZ Live.

Ini merupakan kesempatan yang baik untuk Anda agar dapat mengembangkan diri serta menambah wawasan tentang dunia digital, yang lebih menyenangkan lagi adalah Anda bertemu dan belajar langsung pada ahlinya.

Gunakan kesempatan ini dan sampai berjumpa di acara ClickZ Live berikutnya!


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>