Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda

Fitur Bisnis Instagram
10 Juni 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Fitur Bisnis Instagram baru akan segera muncul dan akan sangat berguna bagi banyak pelaku bisnis online. Banyak Bisnis telah menggunakan Instagram sebagai cara untuk membangun audience mereka dan terhubung dengan customer.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Brand Development Lead APAC Instagram, Paul Webster, total pengguna Instagram di seluruh dunia mencapai 400 juta orang. Sebanyak 75 persen di antaranya merupakan pengguna Instagram yang berada di luar Amerika Serikat.

Dari keseluruhan pengguna tersebut, 22 juta merupakan pengguna dari Indonesia dan rata-rata pengguna Instagram menghabiskan 21 menit per hari untuk membuka aplikasi ini.

Data-data tersebut menunjukan bahwa mengapa banyak brand bisnis menggunakan Instagram untuk sarana promosi mereka.

Namun, tidak banyak wawasan dan informasi yang dapat diketahui tentang data postingan Instagram mereka.

Tapi segera dalam beberapa bulan ke depan, para marketer akan dapat mengetahui lebih jauh tidak hanya total like dan view postingan Instagram.

Instagram telah secara resmi mengumumkan peluncuran sebuah fitur untuk bisnis, termasuk profil bisnis baru, analisis dan kemampuan untuk membuat iklan dari posting langsung dalam aplikasi.

Melalui fitur tersebut, pelaku bisnis bisa mengetahui lebih banyak hal mengenai konsumen atau follower mereka. Selain itu dengan adanya fitur tersebut, para pebisnis diharapkan bisa mendapatkan ide lebih baik untuk beriklan di Instagram.

Perusahaan yang kini dimiliki oleh Facebook ini telah  bekerja dengan ratusan pengguna bisnis untuk memahami apa yang diperlukan untuk meningkatkan pengalaman Instagram mereka.

Berikut ini adalah salah satu contoh kerja sama Instagram dengan brand bisnis dari Indonesia.

Nutrisari W’dank

Nutrisari W’dank adalah sebuah brand minuman dengan Induk perusahaan Nutrifood. Brand ini menggunakan iklan video Instagram untuk menumbuhkan rasa kebanggaan nasional di kalangan pemuda Indonesia, membantu untuk memperkenalkan Bajigur ke demografis customer yang baru.

Bajigur adalah minuman tradisional dicintai oleh demografi yang lebih tua dan tidak biasanya menjadi pilihan untuk anak muda Indonesia.

W’dank ingin menjangkau para pemuda di Instagram dan Facebook membantu mereka mengenal Bajigur dan mencobanya. Mereka ingin Bajigur menjadi minuman untuk semua orang dan yang penting melestarikan tradisi Indonesia.

Insight penonton W’dank adalah bahwa anak muda Indonesia semakin berhubungan dengan budaya nasional dan warisan.

Mereka menciptakan kampanye yang dibuat khusus untuk demografis ini disebut “Cuma Kita Yang Punya”, atau “Hanya di Indonesia” yang memposisikan Bajigur sebagai penghubung ke budaya Indonesia yang bisa dinikmati di mana saja.

Mereka menggunakan kombinasi cinemagraphs, video, foto dan iklan carousel untuk membawa kampanye tersebut hidup secara visual.

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda 5

Hal ini membantu menarik mata pengguna di saat mereka sedang melihat feed Instagram. W’dank juga menggunakan iklan video yang menampilkan anak muda Indonesia berpenampilan gaul menikmati Bajigur ketika sedang menunggu di bandara dan duduk di meja dapur dengan teman-teman.

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda 1

W’dank ingin menunjukkan Indonesia bagaimana Bajigur bisa menjadi minuman yang bisa dinikmati setiap saat sepanjang hari. Mereka menggunakan iklan carousel untuk menampilkan beberapa foto dalam satu iklan.

Saat orang menggeser iklan, mereka bisa foto melihat anak muda Indonesia dengan secangki Bajigur atau foto produk menyoroti tawaran spesial buy-one-get-one-free, yang mempunyai link ke situs eCommerce mereka.

W’dank menjalankan kampanye pada bulan Januari dan Februari 2016 baik di Facebook dan Instagram untuk menjangkau anak muda, audience yang menggunakan perangkat mobile di Indonesia dalam skala besar.

Strategi W’dank ini menghasilkan peningkatan 11 poin untuk brand awareness dan 27 poin di ads recall. Asosiasi atau hubungan antara Nutrisari W’dank dengan  “minuman tradisional Indonesia” juga meningkat sebesar 5 poin.

Fitur Bisnis Instagram

Setelah melakukan riset dengan banyak brand bisnis dan melihat banyak yang sukses dalam kampanye iklan, ada tiga kebutuhan utama menjadi jelas yaitu menonjol, mendapatkan wawasan (Insight) dan menemukan customer baru.

Yang paling penting, pihak Instagram menemukan bahwa sebuah bisnis ingin kemampuan untuk menonjol di Instagram. Kedua, mereka menyadari bahwa bisnis membutuhkan lebih banyak wawasan dan Insight untuk melihat kinerja mereka.

Selama riset mereka, banyak analisis yang luar biasa dan sulit untuk diterapkan ke pemasaran. Dan ketiga, bisnis ingin menjangkau lebih banyak customer.

Dengan 3 hal tersebut, Instagram akhirnya mengembangkan Fitur bisnis Instagram baru. Mari kita bahas fitur bisnis Instagram tersebut.

Profil bisnis Instagram

Profil bisnis adalah fitur gratis untuk akun yang ingin diakui sebagai bisnis di Instagram. Sebuah brand dengan profil bisnis dapat memilih bagaimana mereka ingin pelanggan mereka dapat berhubungan dengan brand tersebut: telepon, teks atau email dengan sekali tekan tombol kontak serta mendapatkan arah.

Halaman yang baru akan menampilkan tiga perubahan yang berbeda dari profil Instagram pada umumnya, tampilan baru tersebut adalah:

  • tombol kontak
  • link lokasi
  • tag kategori

Tombol ‘Kontak’ akan muncul di sebelah tombol follow di bagian informasi profil halaman. Setelah mengklik tombol, pengguna akan memiliki pilihan untuk email bisnis atau mendapatkan petunjuk arah ke lokasi mereka.

Fitur Bisnis Instagram

Tag ‘Lokasi’ akan ditampilkan di bawah link website saat ini pada halaman bisnis dan ketika diketuk, akan membuka sebuah peta yang menunjukkan lokasi bisnis dan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan arah dari lokasi mereka saat itu.

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda (4)

Tag ‘Kategori’ akan muncul di bawah bagian bio pada halaman (lihat Health/ Wellness Website di bawah screenshot):

Fitur Bisnis Instagram

Tiga Fitur tambahan tersbut memungkinkan perusahaan atau sebuah bisnis untuk merampingkan bio mereka dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi follower mereka.

Profil bisnis hanya akan terbuka untuk mereka yang sudah memiliki Facebook Page untuk bisnis mereka. Global Head of Business dan Brand Development Instagram, James Quarles menjelaskan alasan di balik keputusan ini seperti dikatakan di TechCrunch :

“Untuk bisa menggunakan profil bisnis, ini akan memberi kita payment credentials, seperti jika mereka ingin beberapa informasi seperti alamat, nomor telepon, dan website.”

Insight

Wawasan atau Insight pada fitur bisnis Instagram ini akan memberikan sebuah bisnis informasi di tentang siapa follower mereka dan posting mana yang lebih baik daripada yang lain. Hal itu semua dapat dilihat dari dalam aplikasi mobile.

Dengan belajar lebih banyak tentang perilaku dan demografi audience Anda, Instagram percaya Anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan pada momen yang tepat.

Insight akan menampilkan metrik seperti top posting, reach, view dan keterlibatan seluruh posting, serta lebih banyak data pada pengikut Anda seperti jenis kelamin, usia, dan lokasi. Berikut adalah bagaimana Insight akan ditampilkan di iOS:

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda 6

Pengguna fitur bisnis Instagram akan dapat mengidentifikasi dari mana follower mereka, bahkan bisa sampai mengidentifikasi asal kota follower.

Ini akan menjadi sangat berharga bagi marketer, terutama ketika datang untuk mencari tahu kapan harus memposting konten ke profil mereka untuk memaksimalkan mencapai dan keterlibatan. Insight baru juga akan menunjukkan waktu atau hari saat follower Anda menggunakan Instagram.

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda 7

Selain itu, Anda akan dapat melihat top post yang diurutkan berdasarkan Impressions dalam periode 7 hari dan 30 hari.

Hal ini akan membantu pengguna bisnis untuk bekerja meningkatkan keterlibatan berdasarkan berapa banyak orang telah melihat posting mereka dan berapa banyak memutuskan untuk terlibat dengan brand mereka di Instagram.

Berikut adalah video singkat yang menunjukkan Insight baru Instagram:

Promosi (Promote)

Kemampuan untuk promosi memungkinkan Anda mengubahn posting biasa menjadi iklan dalam aplikasi Instagram. Hal tersebut membantu Anda terhubung dengan lebih banyak customer.

Untuk menjalankan iklan, Anda akan dapat dengan mudah memilih posting Anda sudah dibagikan di Instagram dan menambahkan tombol guna mendorong orang untuk mengambil tindakan.

Anda dapat memilih target audience atau mengizinkan Instagram untuk memberi saran penargetan untuk Anda. Setelah itu, posting Anda akan dipromosikan sebagai iklan untuk jangka waktu yang bisa Anda pilih.

Fitur Bisnis Instagram akan Segera Muncul untuk Bisnis Anda 8

Fungsi iklan baru ini dirancang untuk membiarkan bisnis memulai iklan hanya dalam beberapa sentuhan.

Berbicara kepada Adweek, Jim Squires, director of market operations di Instagram, mengatakan:

“Cara saya membayangkan ini adalah ada banyak bisnis di platform yang mungkin baru mengenal iklan Instagram, atau tidak belum beriklan, dan ini bisa langsung, ini cara mudah untuk mulai beriklan di platform Instagram.”

Kesederhanaan fitur ini berarti bahwa bisnis mungkin tidak memiliki fleksibilitas dan pilihan penargetan yang tersedia menggunakan fitur lain seperti Facebook Ads Manager atau Power Editor.

Padahal, seperti yang dilaporkan TechCrunch, pengiklan akan dapat menentukan dan menyimpan custom audience berdasarkan data dari profil pengguna Facebook ‘seperti jenis kelamin, usia dan lokasi dan kepentingan. Kita tunggu saja bagaimana kepastiannya.

Bagaimana dengan Anda?

Fitur bisnis Instagram adalah cara baru yang diharapkan untuk mengembangkan bisnis di Instagram menjadi lebih mudah.

Fitur bisnis instagram seperti Profil bisnis, Insight dan kemampuan untuk mempromosikan posting (Promote) akan dilaunching di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru dalam beberapa bulan mendatang, dan akan tersedia di secara global pada akhir tahun.

DigitalMarketer.id ingin mendengar pendapat Anda tentang fitur bisnis instagram baru ini dan bagaimana mereka dapat membuat bisnis Anda akan semakin berkembang di media sosial. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>