Snapchat Mulai Bergerak! Membeli Vurb dengan $110 Juta!

pergerakan social media
19 Agustus 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pergerakan social media dan persaingan di dunia digital semakin ketat. Awal bulan ini kita mendapat surprise updatean terbaru dari salah satu platform social media yang digemari oleh masyarakat, Instagram.

Instagram memberikan kejutan dengan memunculkan fitur Instagram Stories yang mirip dengan fitur story dari Snapchat.

Banyak orang yang berpendapat ini merupakan langkah besar dari Instagram untuk bersaing dengan Snapchat.

Ada juga yang berpendapat ini sebagai taktik untuk menurunkan traffic pengguna Snapchat dan yang lain menganggap ini sebagai ‘pembalasan’ karena beberapa waktu yang lalu pemilik Instagram (yang juga memiliki Facebook) tidak berhasill mengakuisisi Snapchat.

Sejak Instagram Stories muncul, posisi Snapchat menjadi pertanyaan orang-orang yang mengamati pergerakan social media.

Apakah langkah Snapchat? Apakah ia akan bertahan atau malah sebaliknya?

Artikel kali ini akan membahas perkembangan dan pergerakan social media Snapchat dalam menghadapi situasi yang cukup menggoyang perusahaan dan ownernya.

Mari kita mulai pembahasannya…

Pergerakan Social Media Snapchat Saat Ini

Blog Post-FB vs Twitter v2

Setelah Instagram Stories muncul dan dikenal publik, banyak diskusi seputar Snapchat bagaimana aplikasi ini akan bertahan (jika memang dapat bertahan hidup) karena pemilik Instagram (Facebook juga) sedang mengerahkan upayanya untuk menang dalam persaingan yang sengit ini.

Pertanyaan besarnya adalah “Apa yang akan Snapchat lakukan selanjutnya?”

Bagaimana Snapchat akan bersaing dengan Instagram (yang memiliki basis yang lebih besar dari segi pengguna dan fungsionalitas lebih maju, terutama dalam hal pencarian dan iklan) yang menawarkan tools yang sama persis?

Masih terlalu awal untuk mengambil kesimpulan bahwa aplikasi Snapchat akan menyerah, karena tidak ada yang menunjukkan bahwa pengguna Snapchat tiba-tiba akan meninggalkan aplikasi yang telah mereka gunakan setiap hari.

Tapi jika dilihat dari audiens yang melakukan crossover dari pengguna Instagram dan Snapchat, dan pujian yang diberikan kepada Instagram Stories sejauh ini (walaupun sebenarnya fitur baru Instagram ini loadnya sedikit lebih lambat dari Snapchat) menjadi indikator yang menunjukkan bahwa pertumbuhan Snapchat akan terpengaruh oleh pengenalan dari fitur baru ini.

Seberapa besar dampak yang ditimbulkan? Kita belum dapat mengetahuinya.

Pergerakan Snapchat menjadi semakin jelas, dan mungkin ini adalah jawaban untuk setiap pertanyaan Anda saat ini. Snapchat mengakuisisi Vurb.

Apa Itu Vurb?

Mungkin Vurb masih asing di telinga kita, tapi aplikasi mobile satu ini bisa menarik minat Snapchat.

Vurb merupakan sebuah aplikasi yang pada dasarnya membantu Anda untuk membuat plan social life, seperti memberikan rekomendasi tentang apa yang dapat Anda lakukan di sekitar daerah Anda, menawarkan cara untuk mengobrol dengan teman Anda dan juga membiarkan Anda untuk searching kategori aktivitas dan service.

VurbMenurut laporan dari The Information, Snapchat menyelesaikan deal untuk mengakuisisi aplikasi Vurb sekitar $ 110 juta.

Vurb kadang-kadang digambarkan sebagai search engine yang mirip-mirip dengan Google.

Aplikasi ini membiarkan Anda dengan mudah menemukan, menyimpan, melakukan hal terbaik dengan menghubungkan rekomendasi masyarakat, rich content, dan service yang berguna (dipersonalisasi untuk Anda dalam satu aplikasi sederhana).

Bagaimana Cara Snapchat dan Vurb Berkolaborasi?

Ok, sekarang Vurb menjadi bagian dari Snapchat. Lalu bagaimana kedua aplikasi ini bisa bekerja sama?

Anda bisa membayangkan, database Vurb yang dapat melihat tempat yang dikunjungi bisa mudah untuk diubah menjadi snaps.

Misalnya, Vurb memiliki penawaran yang disebut ‘Vurb Cards’ yang menyediakan lokasi dan mereview informasi, dimana pengguna dapat mengambil tindakan. Seperti membuat reservasi dan membeli tiket di-app.

vurb1Informasi itu bisa dimasukkan ke Snaps. Jadi ketika teman Anda memposting sebuah Snap dari kegiatan menarik yang mereka lakukan atau beberapa tempat yang ingin Anda kunjungi, Anda bisa dengan cepat dan mudah untuk mengetahui secara persis dimana letak snaps itu diambil dan bukan hanya itu, Anda bisa langsung melakukan booking pada saat yang bersamaan.

Vurb juga memiliki ‘Vurb Deck’. Pengguna dapat mengumpulkan daftar mereka sendiri dari tempat terbaik sampai hal-hal yang ingin mereka lihat.

vurb2Snapchat bisa menggunakannya untuk membantu para pengguna menemukan tempat rekomendasi yang lebih personal untuk dikunjungi, menambahkan konteks untuk snaps, atau menambahkan rekomendasi baru dalam pencarian in-app mereka.

Sebagai contoh, mungkin Anda masuk ke dalam pencarian untuk kategori ‘tempat yang ingin dikunjungi di…….’ Dan Snapchat akan menggunakan kombinasi dari Vurb dan data Snapchat untuk menunjukkan dimana letak tempat yang direkomendasikan (termasuk Snaps yang related)

Elemen lain dari Vurb adalah trending news. Seperti yang dijelaskan oleh Vurb :

“Vurb’s ‘Today’ tab keeps you in the know with a daily update of what’s trending around the web, around the world, and near you. Get news, recommendations of things to do, and more – tailored for you.”

Snapchat bisa menggunakan fungsi ini untuk membangun mesin rekomendasi content, membantu pengguna menemukan orang yang lebih relevan untuk diikuti dan pada platform content, disesuaikan secara khusus untuk kepentingan dan tingkah laku mereka.

vurb4

Elemen terakhir yang dapat bekerja dengan Snapchat adalah fitur Vurb chat, dimana pengguna bisa merekomendasikan tempat untuk dikunjungi, lengkap dengan arahan dan review di dalam chat window.

vurb3Pergerakan social media Snapchat semakin jelas, ia membuktikan diri untuk bertahan.

Bukan hanya itu, dengan melakukan perbaikan besar pada platform messaging dan menambahkan Vurb yang dapat digunakan untuk meningkatkan pesan penawaran lebih jauh, hal ini membuatnya menjadi pesaing Facebook Messenger dan WhatsApp.

Dari sudut pandang monetisasi, Snapchat bisa mengintegrasikan iklan berbayar dan ulasan dalam list Vurb. Mereka memberikan kesempatan bisnis untuk tampil lebih menonjol sebagai pilihan yang relevan atau meningkatkan penargetan iklan dengan layanan geo-strategis (jika seseorang mengambil Snap dalam radius tertentu dari bisnis, mereka lebih cenderung untuk melihat rekomendasi Vurb untuk bisnis tersebut).

Kesimpulannya…

Sekarang Anda sudah di penghujung artikel. Yang bisa disimpulkan adalah masih terlalu awal untuk memprediksi apakah pergerakan social media Snapchat yang memutuskan untuk mengakuisisi Vurb akan berjalan baik atau sebaliknya.

Tetapi yang menarik dari pergerakan social media ini adalah mereka berani mengambil segala kemungkinan dalam kategori pencarian dan penemuan tempat, yang sebenarnya ini merupakan salah satu elemen dari Snapchat yang sering diabaikan dalam mendukung ekslusifitas.

Langkah baru dari Snapchat ini telah dilakukan dengan baik sampai sejauh ini dalam hal terus berevolusi dan mengembangkan aplikasi mereka.

Saat ini ancaman Facebook untuk mengambil alih tidak diragukan lagi. Tapi karena Snapchat berani membuat langkah baru untuk mengakuisisi Vurb, hal ini akan menjadi pertimbangan bagi Facebook untuk menjaga jarak sebelum mulai melancarkan strategi baru lagi.

Baca juga artikel lainnya seperti :

Jadi? Bagaimana menurut Anda tentang pergerakan social media Snapchat ini? Bagikan pendapat Anda yang berhubungan dengan topik ini kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>